Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal JIPTHP

Senin 8 Juli 2024 sebagai rangkaian program visiting professor yang dilaksanakan oleh DIPTP, salah satunya dengan diadakannya Workshop Improving Quality of Journal JIPTHP. Aktivitas ini merupakan sesi sharing knowledge antara guest professor dengan tim pengelola Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan (JIPTHP). Workshop Improving Quality of Journal JIPTHP ini mendukung peningkatan mutu akademik dan reputasi institusi melalui pengelolaan jurnal ilmiah yang berkualitas. Setelah dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan (JIPTHP) dapat naik peringkat Sinta 2 serta mencapai standar internasional. Sedangkan, Tujuan aktivitas ini memberikan pengetahuan kepada tim pengelola Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan (JIPTHP) dalam upaya meningkatkan kualitas dan reputasi jurnal.

Aktivitas ini dimulai pukul 14.00 WIB dan dibuka oleh Dr. Windi Al Zahra, S.Pt., M.Si. Aktivitas ini dihadiri oleh tim pengelola jurnal diantaranya Ketua Editor: Prof. Dr. agr. Asep Gunawan, S.Pt., M.Sc, Dewan Editor: Dr. Windi Al Zahra, S.Pt., M.Si dan Dr. Cahyo Budiman, S.Pt., M.Eng, Reviewer: Dr. Sigid Prabowo, S.Pt., M.Sc dan bapak Muhamad Arifin, S.Pt., M.Si, serta Editor Teknis: bapak Verika Armansyah Mendrofa, S.Pt., M.Si dan Dr. Kasita Listyarini, S.Si., M.Si.

Selanjutnya Dr. Windi Al Zahra, S.Pt., M.Si menyampaikan informasi terkait Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan (JIPTHP) yaitu tujuan, scope, frekuensi publikasi, status akreditasi jurnal, dan tim editor. Acara dilanjutkan dengan tanggapan guest professor terkait JIPTHP. Prof. Dr. Mehmet Ulaş Çınar selaku guest professor memberikan masukan diantaranya: (1) scope jurnal perlu dikembangkan ke arah multidisiplin seperti bidang veterinary, food enginering, chemistry, biochemistry, statistics, bioinformatics, environmental science, dan penambahan kata kunci sustainability; (2) tujuan jurnal perlu ditambahkan hewan kucing dan anjing; (3) melakukan publish jurnal secara elektronik sehingga tidak ada masa tunggu setelah naskah accepted.

Dalam sesi diskusi, tim pengelola jurnal berkesempatan untuk bertanya langsung kepada Prof. Dr. Mehmet Ulas Cinar mengenai tantangan dan solusi dalam pengelolaan jurnal. Salah satu tim pengelola jurnal yang bertanya adalah Dr. Sigid Prabowo, S.Pt., M.Sc bertanya terkait tips menarik penulis luar negeri untuk melakukan submission jurnal di JIPTHP. Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Prof. Dr. Mehmet Ulas Cinar, beliau menyarankan untuk mengirimkan email ke penulis potensial, membuat poster, dan komitmen untuk melakukan quick review quick publishing, hal ini akan menjadi daya tarik penulis untuk menerbitkan artikelnya di JIPTHP. Setelah sesi diskusi, penyampaian tanggapan oleh Ketua Editor JIPTHP Prof. Dr. agr. Asep Gunawan, S.Pt., M.Sc. Selanjutnya acara ditutup oleh Dr. Windi Al Zahra, S.Pt., M.Si. dan dilanjutkan dengan foto bersama. Jayalah IPB kita.

#IPB Digdaya