Rabuan DIPTP Bersama Prof. Mehmet Ulaş Çınar dari Erciyes University

Pada 10 Juli 2024, forum Rabuan Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (DIPTP) menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Prof. Mehmet Ulas Cinar dari Erciyes University, Turki. Kehadirannya sebagai professor tamu dalam rangkaian Program Visiting Professor DIPTP memberikan nuansa berbeda dan kesempatan berharga bagi seluruh staf DIPTP untuk memperluas wawasan dan jaringan internasional.

Forum Rabuan dimulai dengan sesi perkenalan antara staf DIPTP dan Prof. Mehmet. Dalam sesi tersebut, Prof. Mehmet memberikan ulasan singkat mengenai Erciyes University dan potensi kolaborasi yang dapat dilakukan antara kedua institusi. Erciyes University, yang didirikan pada tahun 1978, memiliki hampir 60.000 mahasiswa dari berbagai jenjang, baik sarjana maupun pascasarjana. Aktivitas penelitian di Erciyes University telah menghasilkan berbagai produk inovasi, seperti vaksin, pupuk, dan suplemen makanan. Bahkan, selama pandemi COVID-19, universitas ini berkontribusi dalam pengembangan vaksin nasional untuk masyarakat Turki.

Dalam bidang peternakan, Prof. Mehmet menggambarkan berbagai potensi ternak di Turki yang sangat memungkinkan untuk dieksplorasi lebih lanjut melalui penelitian kolaboratif dengan DIPTP. Beliau juga mengenalkan berbagai skema kerjasama penelitian dan mobilitas yang dapat dijalankan antara staf dan mahasiswa DIPTP dengan Erciyes University, membuka peluang baru bagi pengembangan akademik dan penelitian.

Meskipun acara ini dikemas dengan santai, antusiasme dosen-dosen di forum tersebut tetap tinggi, terbukti dari sesi diskusi yang berlangsung hangat dan interaktif. Forum ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan makan siang dengan menu khas Indonesia, memberikan Prof. Mehmet kesempatan untuk menikmati kuliner lokal dan memperkaya pengalamannya di Indonesia.

Rabuan istimewa ini tidak hanya mempererat hubungan antara DIPTP dan Erciyes University, tetapi juga membuka jalan bagi berbagai kolaborasi inovatif di masa depan. Kegiatan seperti ini membuktikan komitmen DIPTP dalam menjalin kerjasama internasional demi kemajuan pendidikan dan penelitian di bidang peternakan.