Festival Ayam Pelung Nasional 2023

Minggu, 17 September 2023, Animal Science Show Competition 2023 menyelenggarakan kegiatan Festival Ayam Pelung Nasional 2023, Kegiatan ini merupakan wadah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa terhadap komoditas unggas terkhusus ayam pelung, serta mewadahi para pecinta ternak ayam pelung untuk mencari bibit unggul guna dikembangbiakkan.

Festival ayam pelung kali ini diselenggarakan di Gedung Jannes Humuntal Hutasoit, Fakultas Peternakan IPB dan Parkiran Fakultas Peternakan IPB. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI), menyajikan beberapa kriteria perlombaan diantaranya: kategori suara, kategori bobot, dan kategori penampilan. Kontes ini diikuti oleh ratusan ekor ayam pelung yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Tercatat, sekitar 40 orang penghobi ayam pelung dari Bogor dan 90 orang yang berasal dari luar Bogor turut serta meramaikan Festival ini.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Bakesbangpol Kabupaten Bogor bapak Azizullah Rodjak, SE., perwakilan dari Disnakkan Kabupaten Bogor, Ketua DPP Hippapi Pusat bapak Ir. Kundrat Hidajat, DPW Hippapi Jawa Barat, Ketua DPD Hippapi Kabupaten Bogor bapak Ahmad Jarkasih. Dr. Ir. Idat Galih Permana., M.Sc.Agr selaku Dekan Fakultas Peternakan mengungkapkan “Ayam pelung merupakan plasma nutfah yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta menghasilkan bibit ayam pelung berkualitas, dari segi suara, penampilan dan bobot badan karena ayam pelung memiliki pertumbuhan bobot badan yang cepat, sehingga diharapkan ayam pelung bisa bersaing ke luar negeri” Ujar Pak Dekan. Menurut salah satu panitia ASSC, Avensa mengatakan “Acara ini sangat seru dan sangat banyak pengalaman yang saya dapatkan di kepanitiaan ini”. Peserta sangat antusias mengikuti lomba ini dan berharap lomba ini akan diadakan kembali.

Dengan diadakannya kegiatan ini dapat menyambung silaturahmi antar peternak dan civitas akademika dalam rangka menjaga salah satu plasma nutfah yang sangat berpotensi untuk dikembangbiakkan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.