Partisipasi DIPTP pada JELAJAH IPB 2023

Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (DIPTP) Fakultas Peternakan IPB berpartisipasi dalam kegiatan yang dinaungi oleh event besar tahunan IPB bertajuk JELAJAH IPB (open house program study dan jalur masuk) yang berlangsung di Grha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga (16/9/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh dua ribuan peserta yang berasal dari siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-JABODETABEK, SUKABUMI, dan CIANJUR yang didampingi oleh guru-guru dari sekolah masing-masing. Kegiatan ini masih termasuk dalam rangkaian acara dies natalies IPB. Sehingga semua program studi yang ada di IPB berpartisipasi pada acara ini. Event berlangsung dari pagi hari pada pukul 08.00 dan diakhiri pada pukul 16.00 wib pada sore hari.

Pada pagi hari peserta langsung disuguhi dengan seminar dan paparan mengenai program studi yang ada di IPB seluruhnya. Peserta juga diberi kesempatan pada sesi tanya-jawab dan nampak peserta antusias berdiskusi dengan narasumber. Disamping itu juga disediakan booth untuk setiap program studi, tentunya Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (DIPTP) berpartisipasi dalam hal ini. Peserta dapat mengunjungi setiap booth program studi sekitar pukul 10.00 wib serta dapat bertanya mendetail mengenai informasi program studi yang inginkan.

Setiap booth menampilkan berbagai produk dan inovasi yang menjadi andalan setiap program studi. Pada waktu yang sama seluruh tamu dihibur oleh penampilan dari duta-duta mahasiswa setiap fakultas. Sehingga event sangat riuh ramai. Yang tak kalah mengejutkan, kunjungan ke booth DIPTP sangat membludak dan ramai. Banyak siswa-siswi yang antusias bertanya. Tercatat sejumlah 287 siswa-siswi SMA yang mengisi daftar hadir secara QR code, meskipun angka riilnya dapat lebih dari itu.

Dalam sistem tersebut juga disediakan kuisioner mengenai ketertarikan siswa-siswi untuk memilih program studi ini menjadi pilihan untuk studi lanjut di universitas. Data menunjukkan hampir 95% menyatakan tertarik untuk mendaftar kuliah di Fakultas Peternakan. Bila dibagi kedalam dua jurusan yang ada di FAPET IPB data tersebut menjadi 32,6% berkeinginan untuk masuk ke jurusan IPTP, 34,4% memilih 34,4%, dan sisanya tertarik ke jurusan INTP. Sehingga dapat disimpulkan persepsi minat kepada tiga jurusan di Fakultas Peternakan dalam keadaan seimbang. Disamping itu peningkatan jumlah follower Instagram IPTP meningkat dengan sangat drastis yaitu diatas 10% dari jumlah follower yang sudah terdaftar. Hal tersebut terjadi karena booth DIPTP sangat menarik dan ada games serta hadiah-hadiah yang menarik.

Hadiah-hadiah yang dihadirkan untuk games sebagian besar merupakan sumbangsih dari produk inovasi dari dosen-dosen IPTP, diantara Telur Omega 3 (Prof. Dr. Iman Rahayu), Yogurt, Strudel, Roti Yogurt Rosella (Prof. Dr. Irma Isnafia), dan Rendang Premium (Prof. Dr. Asep Gunawan). Booth DIPTP juga dihadiri berbagai pimpinan universitas termasuk Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satria. Tentunya tak lupa pimpinan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Idat Permana (Dekan), Prof. Dr. Irma Isnafia (Wadek AK), Prof. Dr. Sri Suharti (Wadek SKP), Prof. Dr. Asep Gunawan (Kadep IPTP), dan bapak Baihaqi, S.Pt., M.Sc. (Sekdep IPTP) juga meninjau ke lokasi booth IPTP. Tentunya beberapa dosen juga hadir.

Panitia acara yang booth IPTP dikomandoi oleh Dr. Windi Al Zahra menyampaikan banyak terima kasih atas peran serta seluruh civitas DIPTP sehingga acara berjalan sukses dan lancar. Semoga kegiatan promosi program studi ini berdampak pada minat siswa untuk memilih IPTP sebagai tempat untuk berkuliah kedepannya. Bogor, 16 September 2023