Mahasiswa IPB University Gelar Webinar Edukasi Terkait Ternak Berskala Nasional

Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (Himaproter) mengadakan acara Animal Science Show Competition 2021. ASSC 2021 memiliki beberapa rangkaian acara, seperti lomba mahasiswa dan webinar-webinar terkait peternakan. ASSC 2021 memiliki tema The Pride of Sundanese.

ASSC 2021 dibuka dengan webinar nasional yang berjudul Strategi Pengembangan Industri Bisnis Breeding Ternak Guna Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional pada tanggal 2 Oktober 2021. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa peternakan maupun masyarakat secara umum, khususnya peternak mengenai pengetahuan terkait bisnis breeding.

ASSC 2021 dimulai dengan pembukaan oleh MC dan pembacaan tilawah. Sesi selanjutnya adalah sambutan oleh Thufail Naufal sebagai ketua pelaksana dari ASSC 2021. Thufail mengatakan adanya rangkaian ASSC 2021 diharapkan dapat membangun relasi yang baik dengan peternak, memunculkan potensi ternak hias di Indonesia serta, pelaksanaan edukasi kontes ternak hias ini dapat membantu perekonomian Indonesia dalam Indonesia Emas Tahun 2045.

Sambutan selanjutnya diberikan oleh Aldo Febriano selaku ketua Himaproter IPB. Dekan Fakultas Peternakan IPB University, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr. turut memberikan sambutan sekaligus membuka acara ASSC 2021.

“Masyarakat diharapkan semangat untuk terus melestarikan ternak lokal guna meningkatkan sumber protein hewani, serta juga sebagai ternak hias dan peliharaan.”, ujar Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr.

Acara dilanjutkan dengan penampilan video tari oleh Maulita Putri, mahasiswi fakultas peternakan. Tari yang ditampilkan adalah tari bajidor kahot sebagai visualisasi dari tema The Pride of Sundanese yang diusung oleh ASSC 2021. Sesi berikutnya merupakan pemaparan materi dari Sugeng Rahayu, S. Pt., sebagai pembicara pertama yang dipandu oleh Kresna Bhayu Adelta, S. Pt. Sugeng menyampaikan materi mengenai Upaya Pencapaian Ketahanan Pangan Hewani Melalui Breeding.

“Breeding secara nasional merupakan suatu aktivitas yang hingga kini masih belum terwujud. Breeding merupakan suatu aspek vital bagi usaha peternakan,” tutur Sugeng.

Acara dilanjut dengan pemaparan materi mengenai Strategi Pengembangan Industri Bisnis Breeding Ternak Guna Mewujudkan Ketahanan Panganan Nasional, yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Cece Sumantri, M.Agr.Sc selaku pembicara kedua. Beliau menyebut, “Bibit merupakan aspek yang sangat penting. Breeding menyangkut ketahanan pangan secara utuh, maka dibutuhkan kerjasama antar seluruh instansi,” jelasnya.

Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab dengan para peserta yang kebanyakan adalah mahasiswa dan peternak serta petani lokal. Para peserta sangat antusias dalam bertanya dan berdiskusi terkait materi yang diberikan oleh para pembicara.

Sesi berikutnya adalah penyerahan sertifikat yang dilakukan oleh Aldo Febriano, selaku ketua Himaproter IPB kepada kedua pembicara. Dokumentasi pun dilakukan untuk mengabadikan momen bersama para peserta. Acara kemudian ditutup dengan melakukan doa penutup bersama.

“Semoga acara ini dapat menjadi jalan dalam kendala-kendala dalam beternak khususnya saya, peternak rakyat yg masih minim pengetahuan,” papar Susilo, salah satu peserta dari National Webinar ASSC 2021.

National Webinar ASSC 2021 diharapkan dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan aplikatif sesuai tujuannya yaktu mengedukasi mahasiswa, peternak Indonesia, maupun masyarakat umum terkait dunia peternakan.