Pelatihan Pengolahan Hasil Ternak untuk Peternak Wilayah Provinsi Banten

Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP) Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan pelatihan pengolahan hasil ternak untuk para peternak di wilayah Provinsi Banten. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Fakultas Peternakan IPB bekerja sama dengan pemerintah daerah Provinsi Banten dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan para peternak dalam mengolah hasil ternak mereka sehingga dapat diperoleh nilai tambah yang tinggi.

 

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 18 orang peternak dari Banten dan 6 pegawai dari lingkungan Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi Banten. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang sidang Departemen IPTP dan Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan IPB tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 15 sampai dengan 17 November 2016. Kegiatan pelatihan ini terdiri dari kuliah umum dan praktik dalam proses pengolahan ternak unggas dan pengolahan hasil ikutan ternak.  Peserta diberi pelatihan untuk membuat produk olahan ternak unggas seperti nugget, sosis ayam, pengeringan telur, dan juga pengolahan hasil ikutan ternak seperti keripik usus dan keripik ceker.

 

Para peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi salah satu pabrik milik OTO BENTO, salah satu perusahaan pengolahan makanan dari bahan pangan hewani terutamanya ayam, udang, maupun ikan. Pabrik tersebut terletak di daerah Pamoyanan, Kabupaten Bogor. Dalam kunjungan tersebut, para peserta berkesempatan untuk melihat secara langsung dari pengolahan bahan pangan di level industri komersial. (AAR)