Seleksi mahasiswa berprestasi tingkat IPTP

Rabu, 25 Februari 2015 dilakukan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat departemen IPTP. Mahasiswa yang lolos selanjutnya akan mengikuti seleksi ditingkat fakultas yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2015. Peserta yang mengikuti sebanyak 8 orang yang didominasi oleh mahasiswa semester 4. Peserta diharuskan menuliskan karya ilmiah terkait dengan tema “kemandirian dan kepribadian bangsa”. Tema ini diusung dengan harapan mahasiswa berprestasi mampu menyumbangkan pemikiran kreatif terkait dengan kemandirian pangan, khususnya dalam bidang peternakan. Seleksi mahasiswa berprestasi dilakukan dengan menilai berbagai aspek diantaranya IPK, karya tulis ilmiah, kemampuan dalam presentasi dan bahasa inggris.  Calon mahasiswa berprestasi juga diwawancarai terkait akademis, kepribadian dan motivasi untuk menjadi mahasiswa berprestasi.

Juri yang menjadi penilai dalam seleksi mahasiswa berprestasi tingkat departemen diantaranya Dr.Ir. Asep Gunawan, M.Sc, M. Baihaqi, S.Pt, M.Si, Iyep Komala, S.Pt dan Windi Al Zahra, S.Pt, M.Si. Peserta calon mahasiswa berprestasi yang mendaftar memiliki IPK range 3.71-3.91. Beberapa tema karya tulisan yang masuk diantaranya berjudul ”Desa Energy : Memanfaatkan Peternakan Rakyat sebagai Lumbung Energi Gas untuk Mencukupi Kebutuhan Energi Secara Mandiri Guna Menghemat Energi Tak Terbarukan (Yuni Nur Raifah). Terkait dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) juga menjadi salah satu karya tulis yang diangkat, “Pembentukan Sarjana Muda Indonesia yang Berkarakter Pancasila Guna Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Hamza Nata Siswara).

Hasil seleksi didapatkan 3 mahasiswa terbaik yang akan mewakili DIPTP di tingkat Fakultas diantaranya Hamzah Nata Siswara dengan score 91.1, Yuni Nur Raifah score 89.6 dan Zulhijaryanto score 86.5. Selamat kepada seluruh peserta mahasiswa berprestasi yang akan mewakili DIPTP, sukses selalu. (waz)