Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Kurban bagi Panitia Pemotongan Hewan Kurban di Aula Kantor Kelurahan Kukusan, (30/05/2024).  (Foto: DKP3 Kota Depok).

DKP3 Depok Sosialisasikan Prinsip ASUH untuk Pemotongan Hewan Kurban

berita.depok.go.id – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok mengadakan sosialisasi Penyelenggaraan Kurban bagi Panitia Pemotongan Hewan Kurban.

Diikuti oleh 30 perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Depok sosialisasi tersebut menekankan pentingnya penerapan pengetahuan agar daging kurban yang didistribusikan kepada masyarakat Depok memenuhi standar Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

“Pada sosialisasi juga ada pemateri yang pertama oleh bapak Muhamad Baihaqi dari Halal Science Center Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia menyampaikan materi mengenai pemilihan hewan kurban, estimasi hasil daging dan penanganan daging setelah pemotongan,” jelas Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida, kepada berita.depok.go.id usai kegiatan yang bertempat di Aula Kantor Kelurahan Kukusan, kemarin (30/05/2024).

Adapun poinnya, seperti perbedaan fisik dan perilaku makan antara kambing dan domba, cara memilih ternak kurban untuk hasil daging maksimal dan penilaian perototan hewan ternak.

Lalu disampaikan pula tips memilih ternak kurban, cara menghitung hasil daging dari ternak kurban dan metode membagi daging dalam kantong kurban hingga klasifikasi potongan daging sapi dan prosedur penanganan yang ideal.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan panitia pemotongan hewan kurban sehingga pelaksanaan ibadah kurban di Kota Depok dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan syariat,” ucapnya.

Sementara itu, pemateri kedua Agy Wirabudi Pranata, dari Halal Science Center IPB menambahkan, tentang tata laksana penanganan dan penyembelihan hewan kurban.

“Kurban sebagai ibadah dengan kualitas terbaik yang harus AMAN, SEHAT, UTUH, dan HALAL, syarat hewan kurban, penanganan hewan kurban, proses penanganan pra-penyembelihan dan penyembelihan. Lalu penanganan pasca sembelih dan teknik penyembelihan yang sesuai standar,” tutupnya. (JD 03/ ED 01)

Sumber: https://berita.depok.go.id/dkp3-depok-sosialisasikan-prinsip-asuh-untuk-pemotongan-hewan-kurban