STRATEGI BISNIS UNGGAS PEDAGING DI MASA PANDEMI COVID-19

Kondisi pandemi Covid-19 telah membawa banyak perubahan di sistem perkuliahan dan praktikum mahasiswa yang berubah dari luring menjadi daring. Demikian juga halnya dengan bisnis di bidang perunggasan, banyak sekali perubahan yang harus diadaptasikan dengan kondisi pandemi.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB University, telah diselenggarakan kuliah tamu pada matakuliah Produksi Unggas Komersial pada hari Selasa tanggal 17 November 2020 pukul 10.00 – 11.40 WIB dengan tema “STRATEGI BISNIS UNGGAS PEDAGING DI MASA PANDEMI COVID-19” yang disampaikan oleh Febroni Purba, SPt. dari PT Sumber Unggas Indonesia (PT SUI). Materi yang disampaikan meliputi pengenalan tentang sumber daya genetik ayam Indonesia yang dikembangkan oleh PT SUI, tips-tips praktis dalam manajemen budidaya unggas lokal pedaging yang beradaptasi dengan kondisi pandemi dan juga strategi bisnis unggas lokal pedaging di masa pandemic dan pasca panemi.

PT Sumber Unggas Indonesia yang dimiliki oleh Naryanto, B. Com ini merupakan breeder (pembibit) unggas lokal terbesar di Indonesia, terutama ayam lokal. Sampai saat ini, cakupan bisnis PT SUI meliputi: (1). Penjualan anak ayam umur sehari (Day old chick/DOC) dengan pemasaran ke agen dan peternak langsung di seluruh Indonesia, (2). Penjualan live bird yang dipasarkan kepada pengepul/agen dan restoran, (3). Penjualan carcass yang dipasarkan dengan sistem ritel/supermarket, 150 mitra outlet, toko frozen food, aliansi strategis dan distributor yang berpengalaman, (4). PT SUI juga memiliki sarana Rumah Pemotongan Hewan-Unggas (RPHU) modern berkapasitas 6.000 ekor per hari, (5). Penjualan ayam olahan, tersebar di 150 mitra outlet, dan (6). Bisnis resto ayam kampung olahan di Jakarta dan Bogor.

PT Sumber Unggas Indonesia, juga merupakan pusat pelestarian dan peternakan terpadu unggas Indonesia sehingga dengan adanya kuliah tamu yang dielenggarakan oleh DIPTP, Fapet, IPB University tersebut maka diharapkan mahaisswa tidak hanya belajar tentang peluang bisnis unggas lokal pedaging, manajemen budidaya dan strategi adaptasi peternakan unggas lokal pedaging di masa pendemi,  namun juga belajar tentang pentingnya pelestarian unggas Indonesia bagi pemanfaatannya yang berkelanjutan.

Kuliah tamu ini merupakan program awal untuk mengisi kerjasama Fapet IPB University dengan PT SUI yang tertuang pada MoA yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Bidang kerjasama yang dilakukan bukan hanya di bidang perkuliahan dan praktikum, namun juga meliputi pendidikan, penelitian, publikasi, diseminasi hasil penelitian, peremuan ilmiah (seminar, kuliah umum, workshop, konferensi dll), praktik lapang, magang profesi, pelatihan, Kuliah Kerja Nyata, sharing fasilitas, sharing tenaga ahli, sharing inovasi dan kegiatan akademik lainnya.